• MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK
  • MENGGALI POTENSI & MENATA HATI UNTUK MERAIH PRESTASI

MISI DAN MISI

VISI

  • Terwujudnya Madrasah yang Islami, Unggul dan Berbudaya Lingkungan
MISI
  • Mencetak lulusan yang terampil melaksanakan sholat 5 waktu dan Dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil/fasih serta beraklakul karimah yang peduli lingkungan dengan terbiasa memelihara kelestarian lingkungan, mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
  • Membangun lingkungan sekolah yang membentuk peserta didik memiliki berakhlak mulia, terampil, santun, pandai, berprestasi melalui rutinitas kegiatan keagamaan dan menerapkan ajaran agama melaui cara berinteraksi di sekolah.
  • Melaksanakan proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, Islami menyenangkan (PAIKEMI) dan memotivasi peserta didik untuk selalu belajar.
  • Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotong royong.
  • Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
  • Mengembangkan program sekolah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi untuk merancang inovasii.
  • Mewujudkan tersedianya Sarana dan Prasarana madrasah yang berkualitas, sehat, dan Ramah Lingkungan.
  • Menumbuhkembangkan sikap Toleransi (tasāmuh) dan Kesetaraan (musāwah) dalam kegiatan Intra Kurikuler, Ko Kurikuler dan Ekstakurikuler

Tujuan Madrasah

Tujuan yang diharapkan oleh MIN 1 Trenggalek dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan visi misi Madrasah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut :

1.     Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)

  • Mengoptimalkan   sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.
  • Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi.
  • Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
  • Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
  • Membentuk Perilaku Peduli dan Berbudaya Lingkungan a.    (memelihara kelestarian lingkungan, mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
  • Merancang program Madrasah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
  • Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah.
  • Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga Madrasah.
  • Melaksanakan program dan pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
  • Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
  • Mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.

2.    Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)

  • Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
  • Madrasah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
  • Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek/Juz 30.
  • Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
  • Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah.
  • Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah, perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.
  • Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
  • Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.

3.    Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)

  • Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas Madrasah.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati.
  • Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
  • Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.
  • Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
  • Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.
  • Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang positif.
  • Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik


SUPANUT, M.Pd.I