• MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK
  • MENGGALI POTENSI & MENATA HATI UNTUK MERAIH PRESTASI

SEJARAH SINGKAT

Madrasah ini berdiri pada tanggal 1 Agustus 1962 dengan nama MWB (Madrasah Wajib Belajar ) yang didirikan oleh masyarakat Dukuh Sumber Desa Prigi Kecamatan Watulimo Trenggalek.
Pada tahun 1980 setelah memiliki gedung sekolah dan jumlah guru yang memadai, Madrasah mendapat perhatian penuh dari pihak pemerintah yang akhirnya dinegrikan dengan surat keputusan MA.NO. 17/th.1980 rekolasi dari MI Negeri Ngronggot Nganjuk.
Akhirnya pada tahun 1999 MIN Prigi Watulimo Trenggalek mendapat bantuan gedung lengkap dengan peralatannya dari ( BEP ) Basic Education Project. Sekaligus Madrasah Ibtidaiyah Negeri Prigi Kab. Trenggalek disiapkan menjadi Madrasah percontohan ( Madarasah Model ) sesuai SK Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor : E/242A/99. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 673 Tahun 2016 tentang perubahan nama madrasah menjadi MIN 1 Trenggalek.


MISI DAN MISI

VISI

  • Terwujudnya Madrasah yang Islami, Unggul dan Berbudaya Lingkungan
MISI
  • Mencetak lulusan yang terampil melaksanakan sholat 5 waktu dan Dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil/fasih serta beraklakul karimah yang peduli lingkungan dengan terbiasa memelihara kelestarian lingkungan, mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
  • Membangun lingkungan sekolah yang membentuk peserta didik memiliki berakhlak mulia, terampil, santun, pandai, berprestasi melalui rutinitas kegiatan keagamaan dan menerapkan ajaran agama melaui cara berinteraksi di sekolah.
  • Melaksanakan proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, Islami menyenangkan (PAIKEMI) dan memotivasi peserta didik untuk selalu belajar.
  • Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotong royong.
  • Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
  • Mengembangkan program sekolah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi untuk merancang inovasii.
  • Mewujudkan tersedianya Sarana dan Prasarana madrasah yang berkualitas, sehat, dan Ramah Lingkungan.
  • Menumbuhkembangkan sikap Toleransi (tasāmuh) dan Kesetaraan (musāwah) dalam kegiatan Intra Kurikuler, Ko Kurikuler dan Ekstakurikuler

Tujuan Madrasah

Tujuan yang diharapkan oleh MIN 1 Trenggalek dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan visi misi Madrasah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut :

1.     Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)

  • Mengoptimalkan   sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.
  • Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi.
  • Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
  • Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
  • Membentuk Perilaku Peduli dan Berbudaya Lingkungan a.    (memelihara kelestarian lingkungan, mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
  • Merancang program Madrasah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
  • Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah.
  • Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga Madrasah.
  • Melaksanakan program dan pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
  • Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
  • Mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.

2.    Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)

  • Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
  • Madrasah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
  • Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek/Juz 30.
  • Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
  • Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah.
  • Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah, perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.
  • Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
  • Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.

3.    Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)

  • Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas Madrasah.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati.
  • Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
  • Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.
  • Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
  • Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.
  • Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang positif.
  • Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik


EKSTRAKULIKULER

  • Drumband
  • Pramuka
  • Qiroah
  • Hadrah
  • Pidato/ Qitobah 3 Bahasa
  • Olahraga
  • Kaligrafi
  • Lukis
  • Tari


SUPANUT, M.Pd.I