• MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK
  • MENGGALI POTENSI & MENATA HATI UNTUK MERAIH PRESTASI

PELAKSANAAN AKMI DI MIN 1 TRENGGALEK
1c3a66c7c8f2e02917ca99a3eeecd5a9.jpeg

Trenggalek. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah program dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) yang bertujuan memetakan mutu pendidikan dan mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom Yusqi, memastikan, Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) akan digelar tahun ini. AKMI dikhususkan bagi siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Kegiatan AKMI ini sejalan dengan jiwa MIN 1 Trenggalek yang terus berusaha menuju madrasah yang maju, sehingga perlu adanya tolak ukur mutu madarasah itu sendiri untuk perbaikan kualitas belajar.

Kepala MIN 1 Trenggalek Bapak Supanut, M.Pd.I, menyampaikan bahwa madrasah yang dibimbingnya saat ini sedang melaksanakan AKMI dengan peserta kelas 5 sebanyak 108 Siswa yang sudah dimulai pelaksanaanya sejak tanggal 19 September 2022 dan akan berakhir tanggal 4 Oktober 2022.

Beliau juga menjelaskan bahwa pelaksanaan AKMI di MIN 1 Trenggalek menggunakan perangkat laptop, ini membuat siswa nyaman dalam membaca soal-soal dibandingkan menggunakan handphone.

“Harapan kedepan dengan adanya AKMI kedepan madrasah bisa lebih maju dalam penyelenggaraan pendidikan dan lebih profesional bagi para guru dalam mendidik para siswa” pungkasnya. (ECS)


SUPANUT, M.Pd.I